bisnis-cafeAnda ingin memulai bisnis yang berbeda dari yang biasanya? Anda juga ingin mencoba peluang baru dalam berbisnis? Bagi para pebisnis pemula, bisnis warung kopi bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Bisnins warung kopi terbilang sangat mudah dijalankan. Setiap orangpun dapat menjalankan bisnis ini dengan sajian yang bervariasi. Apalagi seperti yang kita tahu dikalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan budaya insomnia dan begadang.

Sebenarnya, bisnis warung kopi bisa dikembangkan dengan berbagai format, mulai dari format warung kopi untuk semua golongan, café book ataupun café dengan berbagai fasilitas buku bacaan sampai café elite, dengan pengunjung kalangan masyarakat tertentu saja. Hal itu dikuatkan oleh Joni pembicara bisnis Furniture Café 2013. Namun, kebanyakan masyarakat yang membuka usaha genre ini lebih memilih warung kopi untuk semua golongan dengan konsep 24 jam atau 12 jam.

Pada kategori itu, modal awal usaha yang kecil-kecilan dibutuhkan sekitar Rp 4.000.000,00 hingga Rp 5.000.000,00. Adapun modak awal usaha yang berkala sedang kira-kira Rp 10.000.000,00 sampai Rp 15.000.000,00 kurang lebih. Jika anda ingin meraup keuntungan dalam jumlah besar dan memiliki modal yang besar, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendirikan warung kopi kategori besar.

Warung kopi yang demikian tentu bukan hanya sebagai tempat yang asyik untuk minum, tetapi juga nyaman mengadakan event mingguan para masyarakat. Seperti halnya Live music dan semacamnya, sehingga para pelangganpun tak akan bosan berada ditempat kita. Terlebih jika anda mampu menambahkan koneksi internet didalamnya, seperti sinyal Wi-Fi contohnya.

Karena percaya atau tidak tempat seperti itulah yang banyak diminati banyak orang, terlebih kalangan muda. Televisi untuk menonton pertandingan bola, serta tempat yang luas dan nyaman. Bahkan, lebih bagus lagi bila warung kopi Anda menyediakan televisi berukuran besar dengan beragam saluran. Biasanya, jika kondisinya seperti itu, banyak orang yang akan tertarik untuk datang ke warung kopi anda sambil menonton pertandingan sepak bola ataupun olahraga lainnya.

Untuk memulai bisnis warung kopi, anda wajib memperhatikan beberapa hal penting. Di antaranya ialah lokasi yang strategis, seperti di dekat kampus, asrama masyarakat dan pekerja kantor banyak yang tertarik datang ke warung kopi sebagai tempat berkumpul dengan teman maupun relasi bisnisnya.

Selain itu, konsep warung kopi yang unik dan konsep menu yang bervariasi juga penting untuk anda perhatikan. Selain tu anda juga perlumengadakan event khusus, seperti nonton bareng acara sepak bola, sajian pentas seni, pentas band dll. Jika anda sudah memulainya anda bisa membagi beberapa pendapatan anda untuk membuat inovasi baru, seperti keragaman menu kopi anda seperti kopi luwak, kopi coklat, kopi brazil, dan yang lain – lainnya.