bangkokBangkok adalah tempat wisata semua orang dari seluruh penjuru dunia, yang hanya sekedar berwisata ataupun yang hanya sekedar ingin melepas penat, karena apa? Wisata yang terbilang tidak terlalu mahal dibandingkan berwisata ke negara – negara yang lain. Pertama yang anda lakukan adalah membeli Tiket Ke Bangkok, lalu sekitar 3 jam 25 menit  perjalanan anda akan sampai di Airport setempat.

Sesampainya di Swarnabhumi Airport, Swarnabhumi adalah pintu gerbang masuk mancanegara ke Bangkok. Airport ini tergolong baru dan besar, namun efisien. Papan penunjuk arah tertulis jelas dalam bahasa Thai dan English. Petugas imigrasi mungkin terkesan tidak professional dan agak lambat namun tidak ada masalah.

Untuk menuju pusat kota, tersedia shuttle bus yang tiketnya dapat Anda beli begitu tiba di Arrival Hall. Tersedia 4 jalur bus, yang populer bagi turis adalah menuju Sukhumvit dan Khao San Road, jadi pastikan Anda tahu lokasi hotel sebelum membeli tiket bus.

Mulai awal 2010, tersedia airport train menuju kota. Sayangnya disana kami belum sempat mencobanya sehingga tidak dapat memberikan banyak informasi mengenai harga dan tiket. Airport rail link ini berhenti di beberapa stasiun seperti Makasan (interchange dengan MRT) dan Phaya Thai (interchange dengan BTS).

Transpot di Bangkok juga tidak lepas dari kemacetan, namun tidak terlalu stress dibanding Jakarta karena pengendara mobil yang lebih tertib dan jumlah pengendara motor yang sedikit. Sehingga tidak terlalu parah dibandingkan jakarta.  :D

Persiapkan waktu Anda dengan matang, spare waktu yang cukup untuk mengantisipasi kemacetan. Menggunakan kereta layang BTS tentu saja pilihan yang paling efisien bagi turis. Bangkok memiliki beberapa pilihan moda transportasi, mulai dari taxi, bus kota, tuk-tuk, boat melintasi sungai, hingga kereta massal yang disebut BTS SkyTrain dan MRT.

BTS SkyTrain adalah jalur kereta yang dibangun melayang di atas jalan raya, sedangkan MRT/Subway Bangkok beroperasi di bawah tanah dan saat ini hanya punya 1 line. Transportasi di Bangkok sudah semakin maju dengan dibukanya jalur ke-3 BTS SkyTrain serta line MRT. Jadi hingga saat ini, Bangkok sudah mempunyai 4 jalur kereta massal, 3 jalur bersifat di atas tanah, dan 1 jalur berupa MRT.

Untuk urusan hotel dibangkok, rate nya kurang lebih sama seperti Jakarta. Hotel bisa dibilang tersedia sangat banyak di Bangkok, jadi lokasi yang menentukan. Lokasi hotel berbintang yang strategis adalah yang berada di daerah Silom, Sukhumvit, dan Siam. Hotel chain international seperti Accor, Intercontinental Group, dkk tersedia namun jumlahnya kalah jauh dibanding hotel lokal.

Sedangkan budget hotel untuk backpackers, Khao San Road sudah menjadi episentrum. Lokasinya terletak di sebelah utara Grand Palace, berjejer penginapan murah dengan harga dorm sekitar USD 15/orang. Di jalan ini juga dapat ditemukan restoran hingga penjual souvernir dan Thai massage.