Mungkin bagi sebagian orang, begadang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan setiap malam, entah menyelesaikan tugas kantor atau melakukan hal lain seperti menonton bola atau judi online. Dampak dari begadang itu sendiri adalah membuat rasa kantuk pada sepanjang hari di kantor yang menjadikan kinerja menurun, dampak lainnya adalah tubuh dapat menjadi kelelahan dan tidak bergairah untuk melakukan aktivitas.

Rentan waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 7-8 jam dalam satu hari, maka jangan heran jika tubuh anda mengalami kelelahan terus menerus jika anda tidur kurang dari jangka waktu itu. Untuk kinerja optimal, otak juga memerlukan istirahat yang cukup agar dapat bekerja dengan baik.

Bagi anda yang ingin tubuhnya selalu bugar setelah begadang semalaman, cobalah untuk melakukan tiga hal ini, namun melakukan tiga hal ini bukan berarti anda diperbolehkan begadang setiap malamnya.

1. Melakukan Olahraga Ringan
Akibat yang didapatkan dari begadang adalah badan malas untuk bergerak atau tidak bergairah, dan jika itu terjadi pada pagi hari, cobalah sebelum beraktivitas anda melakukan olahraga ringan dengan tujuan membuat semangat dan badan anda menjadi bergerak. Melakukan olahraga ringan dipercaya dapat meningkatkan tubuh menjadi bugar kembali, contoh olahraga ringan yang dapat anda lakukan adalah lompat tali, peregangan, push up atau olahraga lainnya.

Sediakan waktu sekitar 15-30 menit untuk melakukan olahraga pada pagi hari setelah anda begadang, slain berdampak membuat tubuh menjadi bugar kembali, olahraga ringan juga dapat membuat tubuh anda tetap sehat.

2. Menenangkan Pikiran
Stres dapat saja terjadi pada tubuh yang sering begadang, hal yang paling mudah untuk mengembalikan kebugaran anda setelah begadang adalah menenangkan pikiran. Pilihlah sebuah tempat yang bersuasana tenang, dan bebasa dari kebisingan, tenangkan pikirana anda, jika perlu cobalah menambahkan aroma terapi yang dapat menenangkan pikirana dna lebih dalam.

3. Menghindari Makanan Berat
Salah satu cara untuk agar tetap bugar adalah menghindari makanan berat, disaat anda begadang, maka tubuh akan mengalami gangguan metabolisme. Jika anda mengkonsumsi makanan berat setelah begadang, maka tubuh akan sulit mencerna makanan itu sehingga karbohidrat yang anda konsumsi itu memicu naiknya gula darah.

Ada baiknya anda mengkonsumsi perasa air lemon dan vitamin c yang dapat menjadi antioksidan untuk menguatakan daya tahan tubuh setelah begadang. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan serta yang tinggi seperti oatmeal dan sayuran segar.