Semua orang pastinya mengenal penyakit Amandel, amandel sendiri adalah kumpulan jaringan limfoid yang ada pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulit. Penyakit ini disebabkan karena kuman-kuman yang masuk kedalam rongga mulit, sehingga menjadikan amandel muncul di kerongkongan.

Penyebab yang paling utama dari Amandel adalah makanan. Makanan yang dapat menyebabkan amandel biasanya seperti gorengan, makanan pedas, minuman dingin, makanan berminyak, sehingga semua makanan itu dapat membuat bakteri berkembang di kerongkongan.

Gejala amandel biasanya seperti sering demam atau kedinginan, sakit kepala, sakit tenggorokan, sulit menelan sehingga terasa sakit, kelenjar getah bening bengkak dibagian leher dan rahang.

Penyakit amandel sendiri dapat menular kepada orang-orang yang berhubungan dekat dengan penderita, selan itu amandel juga merupakan penyakit turunan dari orang tuanya.

Untuk mencegah penyakit itu, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan seperti berikut :

– Menghindari makanan seperti yang ada diatas
– Disaat ingin makan, cucilah tangan anda karena firus menempel pada tangan
– Saat ada saudara atau teman yang berprofesi sebagai pencetak kartu undangan pernikahan atau lainnya maka cobalah untuk tidak menggunakan peralatan makanan secara bersamaan, karena dapat menular.