Pabrik untuk pembuatan komponen iPad, iPhone juga besutan Apple lainnya, Foxconn Technology Group sudah menunda pengoperasiaannya di Indonesia. Tapi, Apple Inc sendiri tenga berinvestasi di Indonesia dengan membuka sebuah toko.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Umum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri dalam acara Konfrensi Pers Realisasi Investasi Triwulan IV dan Semester II 2012, di Gedung BKPM, Jakarta, Selasa (22/1/13).

“Kalau yang minat itu banyak sekali. Apple, dia mulai dari toko online store dulu, baru kemudian. Itu sudah di-approve izinnya,” ungkap Chatib.

Ia juga mengatakan bahwa Apple berminat untuk membangun toko di Indonesia karena saat ini, Apple hanya memiliki 3 toko resmi di Asia yaitu di Shanghai, Hongkong dan Tokyo.

“Apple itu tokonya di Asia hanya ada 3: Shanghai, Hong Kong, Tokyo. Sekarang mereka lihat, sudah masukin dan sudah di-approve dan juga menggunakan jasa SEO. Masih tahap awal tapi sudah lebih komit daripada hanya ngobrol-ngobrol,” lanjutnya.

Secara terpisah, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Azhar Lubis mengatakan, nilai investasi dari penanaman modal ini diperkirakan mencapai US$ 3 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

“Nggak terlalu besar, mungkin US$ 2-3 juta. Tapi efeknya yang kita harapkan,” ungkapnya.

Toko itu diperkirakan akan selesai tahun ini dan toko Apple itu bisa memasok barang ke distributor-distributor resmi.

“Nanti lokasinya di Jakarta. Mudah-mudahan tahun ini,” pungkasnya.