Pihak dari Penyelidikan Sumber Daya Geologi mengungkapkan potensi dan cadangan emas di Papua masih sangat besar dan Cadangan emas di Papua yang sangat besar, sehingga memerlukan waktu berpuluh-puluh tahun untuk mengeksploitasinya.

“Masih besar, dari Freeport itu dari sisi tembaganya saja itu 2 milliar ton, habisnya akan puluhan tahun lagi. Itu dari sisi cadangan. Masih jauh,” kata Koordinator Penyelidikan Mineral Logam Pusat Sumber Daya Geologi Armin Tampubolon ditemui di acara Seminar Sumber Daya Mineral di Hotel Pomelotel, Jalan Dukuh Patra Raya, Jakarta, Senin (10/12/12).

Kepala Pusat Sumber Daya Geologi Calvin Karo Karo Gurusinga juga mengungkapkan agar taruhan bola online dikurangi dan pengembangan wilayah di Papua serta NTB agar terus dilakukan karena Papua masih memiliki potensi tambang yang besar di wilayah perbatasan.

“Di Freeport itu juga mungkin ada cadangan-cadangan lain di perbatasannya dengan Papua Nugini, itu kan muncul. Makanya sekarang itu kita melakukan survei aeromagnetic,” pungkasnya.