Rossi yang pada musim 2012 dan dua tahun belakangan ini bergabung bersama tim Ducati membuat dirinya tidak bisa tampil maksimal, seperti rival lainnya yang menunggangi motor Honda, juga Yamaha. Dalam balapan terakhirnya bersama Ducati, Rossi mendapatkan hasil yang buruk dan tidka memuaskan karena dirinya finish di posisi sepuluh. Ini jelas bukanlah “balapan perpisahan” yang ia harapkan.

Pada musim depan Rossi memutuskan untuk pindah ke tim lamanya Yamaha, dan membuat MotoGP Valencia 2012 bukan hanya sekedar untuk menjadi seri penutup namun musim ini menjadi balapan terakhirnya bersama Ducati.

Pada seri terakhir MotoGP 2012, Rossi tidak bisa mempersembahkan kado manis untuk Ducati, ia hanya mampu menyabet peringkat ke sepuluh di Valencia, Minggu (11/12/2012).

“Itu adalah balapan yang sangat buruk,” aku Rossi di Autosport.

Pembalap yang pernah juara dunia sebanyak tujuh kali itu menyatakan bahwa hasil tersebut tidak lepas dari kesalahan saat melakukan prediksi pemilihan ban.

“Sayang sekali kami finis seperti ini karena pagi tadi di dalam pemanasan, aku merasa nyaman, jadi kami sangat berharap hujan turun.”

“Kami menanti dan menunggu datangnya hujan, tapi tak kunjung datang dan sialnya kondisi lintasan juga setengah-setengah (antara basah dan kering) dan sangat sulit, dengan jalur lintasan kering yang amat sempit.”

“Ini sangat disayangkan karena jika saja hujan turun, kami mungkin bisa melakukan balapan yang lebih baik, sehingga tadi kami terus menununggu walau akhirnya tak turun hujan,” tuturnya.

Dalam tahun keduanya Rossi hanya berhasil menempati peringkat ke 6 dalam segi poin dan ini lebih baik tuju peringkat dari posisi yang ia tempati pada akhir klasemen akhir musim lalu, namun hasil itu tidak bisa membuat Rossi puas.

“Aku ingin menyudahi dua musimku bersama Ducati dengan lebih baik. Keduanya adalah musim yang sulit, tapi apapun juga aku akan meninggalkan banyak orang yang sedemikian menyenangkan untuk diajak bekerja sama. Petualangan kali ini selesai setelah dua musim yang berat dan kini kami maju ke depan,” beber Rossi.