Sudah dipastikan bahwa gelar juara dunia MotoGP 2012 menjadi milik Jorge Lorenzo , namun ia menutup akhir musim 2012 ini dengan kecelakaan. karena insiden itu Lorenzo menyalahkan James Ellison.

Lorenzo memasikan dirinya menjadi sang juara dunia pada MotoGP 2012 tepatnya pada seri di Phillip Island pekan lalu dan ia inginn menjadikan juara dunianya berarti dengan kemenangan di Kandang pada laga terakhir.

Pembalap yang menjadi tuan rumah dalam seri itu sudah terlihat mendominasi balapan karena ia menggunakan ban kering dari awal balapan dan itu merupakan suatu keputusan yang tepat karena sirkuit menjadi kering dan para pembalap lainnya pun mengikuti dengan mengganti ban kering.

Pilihan yang tepat ia menggunakan ban kering dan Lorenzo sempat berhasil memimpin balapan, namun ketika ingin meng-overlap sejumlah pembalap di posisi belakang dengan sisa 17 lap, Lorenzo malah Crash.

karena insiden itu, Lorenzo menyalahkan Ellison sebagi penyebab dirinya Crash. Lorenzo mengaktakn bahwa ia meliha Ellison menikung dan sudah melihat dirinya ada dibelakang, namun seakan membuka jalan untuk Lorenzo mendahului dia tapi Ellison justru kembali kejalur dan melaju kelintasan dengan oke. Hal itu membuat Lorenzo terganggu dan terdorong kelintasan yang masih sedikit basah, alhasil Lorenzo Crash dan gagal finish.

“Aku mendapati sejumlah pebalap dan salah satunya Ellison, yang sudah menoleh ke belakang, melihatku, dan kemudian justru masuk ke jalur yang bagus ketimbang membiarkanku lewat,” keluh Lorenzo di situs MotoGP.

“Itu mengapa aku crash. Aku berusaha melewatinya (agar) tidak semakin didekati Dani (Pedrosa) yang menggunakan Motor Honda Repsol, tapi kami malah mengenai tarmac basah sehingga crash,” ungkapnya.