Berkeliling kota menaiki mobil Fortuner Suv terbaik sambil merokok memang sangat lah menagasikan, merokok juga bagi sebagian orang bisa menjadi lebih rileks dan enjoy. Tapi tahukah bahwa menghirup asap rokok lebih membahayakan dibandingkan dengan orang yang merokok. Mnghirup asap rokok walaupun bukan peroikok biasa dikenal dengan perokok pasif.

Asap rokok mengandung sekitar 4.000 bahan kimiawi, dan 60 diantaranya diketahui bisa menyebabkan kanker. Racun yang ada berasal dari asap rokok yang dikeluarkan dan dari ujung rokok yang sedang dihisap, karena asap yang dihasilkan berasal dri pembakaran tembakau yant tidak sempurna.

Menghirup asap rokok ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan bahayanya tiga kali lipat dari pada perokok aktif. Ada sebanyak 25 % zat bahaya yang terkandung didalam sebuah rokok yang masuk kedalam tubuh, dan 75 % nya tersebar di udara dan memungkinkan untuk masuk kedalam tubuh orang lain yang ada di sekeliling.

Sebuah Penelitian dilakukan terhadap 1.263 pasien kanker paru-paru yang tidak merokok, dan terlihat bahwa mereka adalah korban atau menjadi perokok pasif dirumah yang meningkatkan risiko kanker paru-paru sampai 18 %. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka bisa meningkat menjadi 23 %. Jika menjadi seseorang perokok pasif dilingkungan kerja atau umum, maka risiko terkena kanker paru-paru akan bisa meningkat menjadi 16 % dan dalam waktu 20 tahun lebih maka bisa meningkat menjadi 27 %.

Bagi anda yang saat ini merokok atau rokok menjadi salah satu bagian hidup anda sebaiknya anda berhenti merokok, karena bisa membahayakan kesehatan anda juga orang lain. Atau anda bisa merokok di tempat yang jauh dari orang juga bisa menggunakan ruangan khusus yang sudah disediakan untuk merokok, jangan lah merokok diruangan ber AC atau di ruangan yang memiliki lubang fentilasi sedikit, karena tidak akan ada pertukaran udara.