Pilpres Amerika Serikat hanya sisa beberapa hari dan para pemilih dibagian New York dipastikan akan mendapatkan waktu ekstra guna untuk menggunakan hak pilihnya, mengapa bisa terjadi ? karena ini semua dampak dari Topan Sandy yang membuat warga sulit atau tidak bisa pergi memilih dan juga mempengaruhi sistem imunitas tubuh.

Pejabat pemilu setempat meminta kepada komisi Pemilu New York untuk mengizinkan pemilihan digelar satu hari kedepan terutama bagi jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya di New York kurang dari 25 persen.

“Sepengetahuan saya, hal ini tidak pernah terjadi di New York. Akankah jumlah pemilih rendah? Sulit untuk diprediksi — mungkin saja, tapi semua bergantung pada warga yang memiliki prioritas lain,” ujar juru bicara Komisi Pemilu New York, Thomas Connolly, seperti dilansir CNN, Senin (5/11/2012).

Connolly mengatakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan permintaan tersebut, jikalau nanti dikabulkan, maka pemilihan hari kedua akan dijadwalkan sekitar 20 hari dari pemilu pertama yang akan di jadwalkan esok selasa (6/11).

Saat pemungutan hari kedua nanti, pemungutan suara akan dilakukan selama 11 jam dan hanya warga yang mendapatkan hak memilih saja yang boleh melakukan pemilihan.

Komisioner Pemilu Nasau Country William Biamonte menyampaikan bahwa akan adanya penurunan jumlah pemilih di wilayah Long Island dikarenakan banyak warga yang kehilangan rumahnya.

“Banyak warga yang kehilangan tempat tinggal… mereka khawatir apakah kehidupan mereka akan kembali normal dan apakah mereka akan kembali ke wilayah tanpa listrik atau soal rumah mereka yang hancur, ini yang menjadi pertanyaan besar,” tutur Biamonte.