Memiliki pori-pori wajah yang besar?  Maka anda tidah usah pusing untuk membuat pori-pori yang ada pada wajah anda menjadi kecil. Lubang pori-pori yang besar bisa menjadi masalah bagi orang yang memiliki wajah berminyak. Lubang pori-pori yang besar bisa menyebabkan banyak hal, seperti komedo dan berjerawat.

Penyebab dari pori-pori bisa menjadi besar diantaranya, Anda tidak mengajag kebersihan kulit wajah, penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau kosmetik, menggunakan kosmetik yang tidak tepat, minyak berlebihan, faktor genetik, suka begadang dan ikut taruhan bola,malas membersihkan muka.

Tidak banyak cara memang yang bisa digunakan untuk membuat pori-pori pada wajah menjadi lebih kecil, namun berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda coba :

1. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah
Hal yang paling penting adalah menjaga kulit wajah anda agar selalu bersih, anda bisa menggunakan pelembab pada saat membersihkan wajah dari sabun wajah dan gunakan juga air dingin yang berguna untuk mengecilkan pori-pori.

2. Toner Gunakan toner untuk pembersih minyak juga kotoran yang tersisa pada wajah anda. Gunakan toner saat setelah pembersihan wajah dan sebelum menggunakan pelembab.

3. Foundation
Tidak hanya berguna sebagai alas make-up saja, foundation juga berfungsi untuk menyerap minyak yang ada pada wajah anda. Pilihlah foundation yang berkualitas untuk membuat pori-pori menjadi lebih kecil.

4. Facial Dengan Es Batu
Facial dengan es batu bisa membantu anda untuk membuat pori-pori wajah anda menjadi lebih kecil. Gosokan es batu pada baguian wajah anda yang memiliki pori-pori besar dan lakukan iuni sebelum penggunaan toner.

5. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa membuat pori-pori pada wajah anda menjadi lebih kecil, caranya ambil jeruk nipis dan pilih yang banyak mengandung air. Potong dan oleskan pada wajah anda, lalu biarkan selama 10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.