Manusia pasti memiliki air liur atau bisa dikenal dengan air ludah, apalagi ketika anda sedang menyaksikan judi bola, bisa bisa anda meneteskan air liur karena saking serunya. tapi sebagian diantara kita banyak yang tidak mengetahui manfaat dari air liur itu sendiri.

Air liur yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan saliva merupakan cairan bening yang dihasilkan oleh manusia setiap saat dan juga pada hewan. Air liur juga memiliki unsur seperti Elektrolit yang memiliki kandungan Natrium, kalium, Kalsium, juga Magnesium. Mukosa yang mengandung Mukopolisakarida dan Glikoprotein, senyawa antibakteri dan beberapa macam enzim.

Dalam air liur juga terkandung zat yang bisa membantu proses penyembuhan luka pada manusia dan diebut dengan Histatin, Histatin yang merupakan Protein yang dihasilkan dari air liur yang bisa membunuh bakteri-bakteriu jahat yang ada pada luka, hal ini juga menjawa luka pada mulut, seperti luka akibat mencabut gigi dan supaya luka itu cepat sembuh dibandingkan dengan luka yang ada pada kulit atau tulang.

Air liur juga bisa digunakan untuk tes DNA, air liur bisa memberikan petunjuk apa saja yang sudah dimakan dan obat-obatan yang terkandung atau dikonsumsi.
Air liur juga memiliki fungsi untuk membantu proses pencernaan makanan dan membersihkan makanan juga sel-sel mati yang ada didalam mulut.