Mungkin anda sedang berkunjung ke tempat umum seperti mall dan ingin membeli baju ditempat itu mungkin karena harganya lebih murah ketimbang membeli ke toko baju online, dan anda sedang kebelet untuk membuang air kecil. Tentunya hal yang anda cari pertama kali adalh toilet.

Sering kali anda pergi ke sebuah toilet dipusat perbelanjaan dan anda mendapati ada yang menggunakan tissu atau air untuk membasuh setelah buang air besar. Nah yang mana yang anda gunakan ?. Di Indonesia sendiri terutama masyarakat di Ibu kota banyak yang mencoba mengikuti budaya barat dengan hanya meletakan tisu sebagi aslat basuh didalam toilet. Tissu yang ada di toilet Indonesia sebenarnya berbeda dengan tissu yang ada di Amerika. Orang Amerika memberikan tissu yang diberikan antiseptik, sehingga tetap bersih walau tidak meggunakan air setelah membuang kotoran. Antiseptik pada tissu bisa membunuh kuman dan bakteri.

Ternyata menggunakan tisu pada saat setelah buang air besar bisa memberikan pengaruh buruk bagi lingkungan. Sebuah artikel yang ada di majalah amerika mengatakan bahwa menggunakan air ternyata lebih baik dari pada tisu. Penulis dari artikel itu menyebutkan bahwa gaya hidup dari orang Amerika yang selalu menggunakan tisu bisa menyebabkan kerusakan parah pada ekosistem hutan dunia.

Fakta ini membuat pernyataan bahwa cara orang Asia lebih ramah lingkungan, orang asia lebih baik karena menggunakan air sebagi alat untuk membersihkan setelah membuang kotoran.