Sangat beragam jenis air minum yang dijual di pasaran, atau media online seperti Facebook Marketing, namun tahukah anda air apa saja yang tidak boleh diminum ?. Rumus kimia dari air putih adalah H2O, sama dengan segala jenis air nya. Dari segala sisi, air putih dan air lainnya mempunyai rumus yang sama, namun air putih berbeda dnegan air lainnya.

Berikut ini beberapa jenis air yang tidak boleh diminum, yang berdampak negativ untuk kesehatan :

– Air mentah
Beberapa penelitian mengatakan bahwa, didalam air mentah banyak mengandung bakteri, virus, juga parasit, yang dapat membahayakan tubuh manusia. Mengkonsumsi air mentah juga sangat mudah terjangkit radang usus akut, radang viral hepatitis, typus, diare, dan infeksi parasitis. Apa lagi air mentah dari sungai besar dan kecil, sumur atau waduk, karena secara tidak langsung telah terkontaminasi dengan limbah pabrik industri, limbah rumah tangga juga pestisida. Mak dari itu air mentah dapat membawa penyakit pada tubuh anda jika anda mengkonsumsinya.

– Air bebas Kukus
Air bekas kukus yang dimaksud adalah air yang digunakan untuk meengukus bakpao, kue atau makanan lainnya. Air bekas kukus mengandung kandungan Nitrat yang sangat tinggi, jika sering dikonsumsi maka anda akan mudah keracunan Nitrat. Selain itu air bekas kukus yang sering masuk kedalam tubuh dapat mengakibatkan komplikasi pada pencernaan, syaraf, gangguan saluran seni, gangguan produksi sel darah, sirkulasi darah, dan dapat menyebabkan penuaan diri. Semua masalah kesehatan diatas disebabkan karena endapan pada air bekas kukus mengandung zat yang membahayakan untuk tubuh seperti kadmium, raksa, arsenikum, alumunium.

– Air yang dimasak kembali
Banyak yang menggunakan air matang yang tersusa didalam termos, dipanaskan dan air itu diminum, agar hemat air, biaya juga menghemat waktu. Namun penghematan seperti ini sepertinya tidak layak untuk dilakukan karena air yang dimasak kembali akan membuat kadar air menguap kembali. Sehingga kandungan Nitrat akan meningkat bahkan jika keseringan mengkonsumsi air seperti ini akan mengakibatkan keracunan.

Mengkonsumsi air minum sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam takaran yang benar yaitu 7-8 gelas perhari, namun kebersihan air juga sangat penting untuk diperhatikan agar kesehatan selalu terjaga.